Minggu, 10 Mei 2015

Pengertian Protokol dan Jenis-Jenisnya dalam Jaringan Komputer

coretanbocahit.blogspot.com
Protokol Jaringan Komputer
Protokol merupan sebuah aturan / standarisasi yang mengatur terjadinya sebuah komunikasi antar host. Pada kehidupan nyata protokol ini bisa kita analogikan sebagai sebuah bahasa yang harus dimengerti oleh kedua pihak jika ingin berkomunikasi. Dalam penerapannya, protokol jaringan komputer harus memiliki beberapa kemampuan, yaitu efektifitas, kehandalan, dan kemampuan untuk mengirimkan kembali paket yang rusak.


  1. TCP/IP
    Transmission Control Protocol/Internet Protocol merupakan sebuah protokol jaringan komputer yang saat ini paling banyak digunakan di dunia komputer. Protokol ini digunakan untuk mengatur komunikasi antar host dalam proses tukar menukar data. Sebelum sebuah komputer mengirimkan data, komputer pengirim akan memastikan link yang akan digunakan untuk mengirimkan data, apakah link dapat berjalan baik (ttl) atau tidak (rto). Setelah link dipastikan baik, data akan dikirimkan dan protokol tcp/ip akan memecah data yang dikirimkan menjadi paket-paket dan memberinya nomor urut agar saat sampai ditujuan paket-paket tersebut dapat diurutkan kembali berdasar nomor urut tersebut. Protokol ini juga memungkinkan untuk mengirimkan paket-paket yang hilang ditengah jalan.
  2. UDP
    User Datagram Protocol merupakan protocol jaringan yang digunakan pada komunikasi internet, pada umumnya protokol ini digunakan pada komunikasi yang bersifat real time, seperti video streaming, voip, game online, dll. Tidak seperti pada TCP/IP, protocol ini akan langsung mengirimkan data tanpa memastikan keadaan link terlebih dahulu, protokol ini juga tidak akan memecah data menjadi paket-paket, dan protokol ini juga tidak mempunyai kemampuan untuk mengirimkan data yang hilang ditengah jalan.
  3. DNS
    Domain Name System adalah sebuah protokol yang bertugas untuk menerjemahkan sebuah ip address menjadi domain. Protokol ini sering digunakan pada sebuah aplikasi yang biasanya terhubung dengan internet, seperti web browser, email, dll. Contoh penerapan protokol ini adalah ketika kita mengetikkan url facebook.com di web browser, maka browser akan membuka halaman web server facebook. Jika tidak ada DNS, maka kita harus menghafal ip address server facebook kemudian mengetikkan ip tersebut ke web browser untuk membuak halaman web facebook. OK lah kalau hanya facebook mungkin kita bisa menghafal, tapi kalau kita juga harus membuka google.com, gmail.com, youtube.com, twitter.com, dll, bisakah kita menghafal seluruh ip address dari server tersebut?? Maka dari itu diperlukan protokol ini untuk memudahkan kita, karena kita cenderung lebih mudah menghafal nama domain seperti facebook.com daripada ip address.
  4. ICMP
    Internet Control Message Protocol merupakan protokol yang biasa digunakan untuk kebutuhan trobleshooting. Contoh penerapan dari protokol ini adalah saat kita menggunakan fasilitas ping, ping akan mengirimkan sebuah icmp request dan meminta sebuah icmp replay, jika icmp replay telah diterima berarti kondisi jaringan dalam keadaan baik, namun jika icmp replay tidak diterima dapat diambil kesimpulan bahwa jaringan tidak dalam kondisi baik
  5. SMTP
    Simple Mail Transfer Protocol merupakan protokol yang mengatur proses pengiriman email. Perlu diketahui bahwa pada saat kita mengirimkan email ke teman kita, sesungguhnya email tersebut dikirimkan ke server e-mail, kemudian teman kita akan mengambil email yang kita kirimkan dari server e-mail. Proses pengiriman e-mail diatur oleh protokol ini.
  6. POP3
    Post Office Protocol version 3 merupakan protokol yang mengatur proses pengambilan email dari email server. Protokol ini mengharuskan kita untuk mengambil seluruh email yang diterima tanpa terkecuali.
  7. IMAP
    Internet Message Access Protocol juga merupakan protokol yang mengatur proses pengambilan email. Namun berbeda dari POP3, protokol ini mengizinkan pengguna untuk memilih pesan yang akan diambil, mencari pesan-pesan tertentu, bahkan melakukan pengaturan seperti menghapus pesan tertentu, mebuat folder di server, dll.
  8. HTTP
    Hyper Text Transfer Protocol merupakan protokol yang bekerja pada WWW (World Wide Web). Contoh penerpan protokol ini adalah saat kita mengetikkan url facebook.com di browser, maka browser akan mengirimkan http request kepada server web, kemudian server web akan mengirimkan http response kepada browser dan browser akan menampilkan http response tersebut sebagai sebuah web page.
  9. HTTPS
    Hyper Text Transfer Protocol  merupakan versi aman dari http. Protokol ini akan melakukan enkripsi http request dan http response untuk menjamin keamanan data pada perjalanannya di jaringan internet.
  10. SSH
    Secure Shell merupakan protokol yang memungkinkan untuk melakukan pertukaran data secara aman antar komputer. Pada penerapannya, protokol ini biasanya digunakan untuk mengendalikan komputer lain dari jarak jauh.
  11. FTP
    File Transfer Protokol merupakan protokol yang menjadi standarisasi aktifitas transfer file antar komputer di jaringan internet. Biasanya terdapat sebuah server yang memiliki service ftp, kemudian client akan mengirimkan sebuah request untuk memulai komunikasi dan melakukan autentikasi dengan username dan password yang diberikan server ftp. Setelah melakukan autentitikasi, client dapat melakukan transfer, baik upload maupun download file di jaringan internet.

Like the Post? Do share with your Friends.

FeedBack

Jika Anda merasa terbantu dengan artikel dari Coretan Bocah IT, silahkan berlangganan GRATIS via email. Dengan begitu, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel baru yang terbit di Coretan Bocah IT

Masukkan Email :

IconIconIconFollow Me on Pinterest