Selasa, 05 Mei 2015

Pengertian dan Fungsi Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer yang saling terkoneksi menggunakan sebuah media transmisi

Apa fungsi jaringan komputer??

  1. Sebagai media komunikasi
    Misalnya di suatu stasiun televisi, tim editor harus selalu mengupdate hasil editannya untuk ditayangkan oleh tim siaran, hal ini menunjukkan bahwa komunikasi antara tim editor dan tim siaran harus selalu up to date, dan jaringan komputer bisa menjadi jawaban atas masalah tersebut.
  2. Sebagai media untuk saling bertukar data
    Misalkan di suatu sekolah, siswa harus mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan di komputer masing-masing ke guru pengajar. Untuk ini bisa saja siswa menggunakan flashdisk atau media penyimpanan lainnya untuk mengumpulkan data, tapi bisa dibayangkan berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk menancapkan dan mencabut flashdisk dari seluruh komputer siswa. Sekali lagi jaringan komputer menjadi solusi atas masalah tersebut.
  3. Untuk menghemat sumberdaya
    Misal di suatu kantor terdapat beberapa pegawai dimana masing-maisng pegawai sangat membutuhkan printer. Jika tidak ada jaringan komputer maka setiap pegawai harnus mempunyai sebuah printer, hal ini tentunya akan sangat boros. Jika terdapat jaringan komputer, maka satu printer saja sudah bisa diguanakan oleh seluruh pegawai.
  4. Data tersimpan secara terpusat
    Dalam sebuah jaringan komputer biasanya terdapat sebuah komputer server, hal ini akan memungkinkan penyimpanan data secara terpusat di server. Keuntungan dari penyimpanan data terpusat ini adalah kita bisa mengakses data kita dari komputer manapun asalkan masih terhubung dengan jaringan komputer. Contoh sederhananya adalah jika kita membuka facebook dari laptop maupun komputer maka tampilan facebook kita adalah sama.

Apa resiko jaringan komputer??

  1. Peningkatan biaya untuk membangun jaringan
    Jika ingin membangun sebuah jaringan komputer, tentunya harus memperhitungkan biaya yang diperlukan, baik untuk hardware (misalkan kabel, switch, access point dll) maupun untuk biaya jasa installasi atau juga perawatan.
  2. Perlu tenaga ahli
    Untuk mewujudkan jaringan komputer yang benar-benar efisien maka administrasi jaringan merupakan hal yang paling utama, dan tidak sembarang orang bisa melakukan pekerjaan ini.
  3. Virus
    Virus dapat menyebar menggunakan media jaringan, ini adalah salah satu sebab bahwa administrator jaringan yang handal mutlak diperlukan, apalagi jika jaringan yang dikolala adalah jaringan yang sangat privat dan rentan terhadap virus
  4. Cracker
    Cracker dapat menjadi momok bagi pengguna komputer, cracker dapat mengambil, merusak, atau bahkan memanipulasi data dalam sebuah jaringan. Maka dari itu sekali lagi administrator jaringan yang handal mutlak diperlukan untuk membuat jaringan komputer nyaman digunakan dan benar-benar efisien

Haruskah menggunakan jaringan komputer??

Jawabannya adalah iya! karena dibalik resiko-resiko yang dimiliki jaringan komputer, jaringan komputer tetaplah media komunikasi dan bertukar data yang paling efisien.

Artikel selanjutnya mengenai jenis-jenis jaringan komputer dapat dilihat disini

Like the Post? Do share with your Friends.

FeedBack

Jika Anda merasa terbantu dengan artikel dari Coretan Bocah IT, silahkan berlangganan GRATIS via email. Dengan begitu, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel baru yang terbit di Coretan Bocah IT

Masukkan Email :

IconIconIconFollow Me on Pinterest