Rabu, 06 Mei 2015

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasar Cangkupan Area


Jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer yang saling berhubungan menggunakan media transmisi, untuk artikel lengkap mengenai jaringan komputer bisa dilihat disini

  1. Jaringan LAN


    coretanbocahit.blogspot.com
    Jaringan LAN
    Jaringan LAN merupakan sebuah kumpulan komputer yang saling terkoneksi dalam sebuah jaringan, dimana jaringan yang dimaksud adalah jaringan dalam sebuah wilayah lokal, misalkan jaringan dalam sebuah lab komputer, dalam sebuah kantor, dll.
  2. Jaringan MAN
    coretanbocahit.blogspot.com
    Jaringan MAN
    Jaringan MAN adalah kumpulan antara dua atau lebih jaringan LAN yang saling terkoneksi. Dapat kita lihat gambar diatas menunjukkan bahwa terdapat dua buah jaringan LAN yang saling terkoneksi. Ini merupakan contoh implementasi dari jaringan MAN. Pada jaringan ini, anggota dari jaringan LAN pertama dapat terkoneksi dengan anggota dari jaringan LAN kedua.
  3. Jaringan WAN
    coretanbocahit.blogspot.com
    Jaringan WAN
    Jaringan WAN adalah jaringan yang menghubungkan seluruh jaringan LAN dan MAN di dunia. Pada gambar diatas dapat kita lihat bahwa terdapat beberapa kota yang saling terhubung, kita ketahui sebelumnya bahwa jaringan dalam sebuah kota adalah jaringan MAN dan jaringan MAN dibangun oleh jaringan LAN yang saling terkoneksi.

Kesimpulan?????

Pada intinya sebuah jaringan yang terbentuk dalam sebuah bangunan, baik itu warnet, lab, maupun kantor adalah jaringan LAN, kemudian gabungan lebih dari dua jaringan LAN adalah jaringan MAN, dan gabungan dari beberapa jaringan MAN adalah jaringan WAN.

Artikel selanjutnya membahas tentang Client dan Server, anda bisa membacanya disini

Like the Post? Do share with your Friends.

FeedBack

Jika Anda merasa terbantu dengan artikel dari Coretan Bocah IT, silahkan berlangganan GRATIS via email. Dengan begitu, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel baru yang terbit di Coretan Bocah IT

Masukkan Email :

IconIconIconFollow Me on Pinterest