Sabtu, 31 Desember 2016

Catatan Ahir Tahun 2016


Tulisan ini saya buat untuk keperluan intropeksi diri. Saya ingin merangkum seluruh perjalanan hidup yang telah saya lalui selama tahun 2016 dan untuk memperbaiki diri untuk tahun berikutnya. Dengan tulisan ini saya harap tahun berikutnya bisa jauh lebih baik dari tahun 2016 ini.

Awal tahun 2016, waktu itu aku masih kelas 2 semester ahir berbarengan dengan berahirnya kegiatan prakerin. Sehabis prakerin, aku bareng temen2 KITS rundingan pengen ngadain kegiatan maen bareng. 

Waktu itu kebetulan kami rundingan hanya dengan temen2 satu angkatan, dan berangkatlah kami ber-empat belas ke Sirah Kencong. Waktu itu kebetulan ada 2 tmen ku yang ndak bisa ikutan.


Perjalanan ini sedikit kontroversi, banyak senior ku, termasuk pembina komunitas yang menganggap angkatan kami membangkang karena mengadakan acara sendiri tanpa sepengetahuan siapapun. Beliau menganggap kami balas dendam karena pada kegiatan sebelumnya tidak ada satupun angkatan kami yang diundang untuk ikut.

Tapi sebenarnya kami tidak ada niat sedikitpun untuk membangkang ataupun balas dendam. Waktu itu kami selesai prakerin, wajar lah kalau perasaan kangen kami dengan teman2 sangat besar. Karena memang komunitas inilah yang kami anggap keluarga, teman-teman dekat kami ada di komunitas, jadi kami jalan2 bareng tmen2 komunitas. 

Tapi ya begitulah, apa yang orang lain pikirkan tentang kita kadang tak sesuai dengan apa yang kita pikirkan, biarlah waktu yang membuktikan... Aish,, mulai dah sok bijak, hehe

Lanjut bulan februari, ada kegiatan yang diabadikan oleh salah satu tmen ku. kegiatan ini intinya memberikan kami motivasi untuk pembekalan Ujian Nasional... 

Hello?? Ndak salah kah kegiatan ini?? kenapa pemberian motivasi dilakukan saat kami hampir lulus?? Tahukah Anda bahwa sejak kelas 1 motivasi kami sangat kurang???  Ya itulah jeritan hati ku... Tolong ingatkan saya jika jeritan hati tersebut salah....


Ada yang bisa menemukan foto saya di gambar-gambar tersebut? kalau bisa kirim ke email ku ya,, ahmadrosid30121997@gmail.com, nanti mungkin pengirim pertama akan mendapat hadiah menari dari saya. Yaitu bertemu langsung dengan penulis di coretanbocahit.blogspot.com, hehehe

Pada bulan februari ini juga ternyata aku membuat fanspage facebook untuk blog ku ini. Ya itung-itung untuk nambah pengunjung lah, biar lebih banyak yang baca..


Bulan Maret, sepertinya tidak ada pengalaman yang cukup menarik untuk diceritakan, hanya saja pada bulan itu saya dan tmen2 sibuk mempersiapkan diri untuk ujian nasional.  

O ya, dua kali dalam seminggu, saya sering belajar bareng tmen2 komunitas satu angkatan untuk mempersiapkan UN, waktu itu materi yang paling sering kami pelajari adalah matematika, karena ya memang materi tersebut lah yang dianggap paling sulit oleh tmen2. Sayangnya ndak ada foto dokumentasi kegiatan tersebut.. ya biarlah kegiatan tersebut tetap mendekam dalam pikir ku..

Bulan April aku dan tmen2 bertempur menghadapi Ujian Nasional, lagi2 ndak ada foto dokumentasi kegiatan UN ini. Tapi saya menemukan satu foto makan bareng tmen2 sekelas setelah UN selesai, hehe, kalau tidak salah hari itu hari kamis sore. Kebetulan saya kebagian shift sore, jadi UN selesai sekitar jam 3 kalau ndak jam 4


Setelah UN, kegiatan kami kelas XII sudah mulai tidak jelas. Tapi pertengahan Februari masih ada agenda di sekolahan, yaitu kegiatan diesnatalis sekolah.. Ya sepertia biasa, kegiatan diesnatalis di sekolah kami diisi dengan jalan-jalan, entah apa maksud dari kegiatan ini.. hehe, ya yang penting ngikut aja lah...


Ahir bulan april, ada kegiatan outbound bareng temen2 komunitas. Waktu itu outbound di Gunung Pegat deketnya rumah Pembina kami, Pak Very Setiawan. 

Sepertinya ini adalah kegiatan outbound paling menarik yang pernah saya ikuti, hehe


Bulan mei, kita ada kegiatan Purnawiyata di sekolahan.. Alhamdulillah sya termasuk beberapa siswa terbaik di sekolahan... Waktu itu saya dan teman-teman diberikan penghargaan langsung oleh Bupati Kabupaten Blitar


O ya,,, purnawiayata itu dilaksanakan tanggal 18 Mei. Sebelumnya, pada tanggal 9 mei, ada pengumuman yang menyatakan bahwa saya TIDAK diterima mendaftar SNMPTN di UGM,, disitulah perasaan sedih yang luar biasa muncul.... Nyesek kalo istilah jawanya.. hehe

Saat purnawiyata, banyak sekali guru-guru yang menanyakan, lanjut dimana? kuliah dimana? disinilah saya sangat bingung untuk menjawab apa. Kebetulan waktu itu saya sedang proses mengerjakan tugas untuk seleksi Pesantren Networkers di IDN.

Pengumuman seleksi Pesantren Networkers IDN diumumkan pada tanggal 21 Mei. Dari pagi hingga sore saya menunggu pengumuman tersebut, beberapa kali saya chat Pak Dedi untuk menanyakan perihal pengumuman tersebut.

Pengumuman yang ditunggu-tunggu datang sekitar jam 6 kalau tidak 7 sore. Kebayang lah, perasaan deg-degan dari pagi hingga sore. Karena pengumuman ini adalah harga mati, jika saya diterima, saya pasti bahagia luar biasa, tapi jika saya tidak diterima, saya akan sangat sedih luar biasa.. hehehe karena waktu itu saya ndak ada rencana cadangan jika tidak diterima di Pesantren Networkers..

Alhamdulillah ternyata hasilnya saya diterima, saya termasuk 8 orang yang diterima di Pesantren Networkers bersama 12 teman lainnya dari Pesantren lain


Karena sudah diterima di Pesantren Networkers IDN, perasaan hawatir di hati sudah hilang. Yang ada tinggal perasaan takut karena akan menemui teman-teman yang luar biasa dari seluruh pelosok negeri. Disinilah saya benar-benar fight untuk mempersiapkan diri.

Tanggal 25 Mei, saya bareng temen2 di Malang jalan-jalan liat kegiatan LKS Nasional 2016. Rencananya sih pengen sekalian nemuin Feriansyah dari Kalimantan Timur yang ikut LKS Nasional sekaligus diterima di Pesantren Networkers IDN sama seperti saya, tapi ternyata saya ndak berhasil nemuin feriansyah.


Makasih yo drajad sama Mul yang sudah nemenin jalan-jalan selama di malang. Maksih juga Mul sudah diijinkan nginep di rumah.



Buku tersebut adalah karya pertama saya selama 16 tahun. Waktu itu sepertinya kalau tidak salah saya umur 16 kalau ndak 17 tahun. Ya sebenarnya telat sih umur segitu baru punya karya, tapi daripada tidak sama sekali.. Alhamdulillah diberi kesempatan dan kemampuan untuk berkarya..

Saya lupa tepatnya, kalau tidak salah pertengahan bulan july saya berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Program Pesantren Networkers IDN selama 1 tahun. Waktu itu adalah pertama kalinya saya datang ke jakarta. Untung saja ada Fauzan yang membantu saya selama di jakarta.

O ya,, fauzan adalah salah satu teman saya dari Pesantren Sysadmin IDN. Sebelumnya kami sudah kenal saat menjadi kompetitior di lomba COREFEST Undip 2015. Jika saja ndak ada fauzan, mungkin saya akan sangat kebingungan di jakarta. 

Di Pesantren Networkers IDN ini saya mulai untuk berkarya kembali, saya mulai suka menulis di blog, walapun sebenarnya terpaksa karena tugas.. hehehe..

Ada dokumentasi yang menyatakan bahwa saya menulis lab 1 (pertama) pada tanggal 22 Juli.


Alhamdulillah sampa sekarang ahir 2016, saya sudah berhasil menulis lebih dari 100-an lab,


Bulan agustus, kita ada acara maen bareng temen2 Pesantren.. hehe


Bulan september kita jalan-jalan ke curug bareng temen2 dari Pesantren. Curug itu bahasa sunda dari Air terjun.  Disana banyak kegiatan yang seru.. inti dari kegiatan ini adalah bakar sate.. hehe kebetulan waktu itu libur Idul Adha. Kalu pengen lihat dokumentasi kegiatan ini, silahkan ke halaman ini Jalan-Jalan ke Curug Ciherang.

Bulan Oktober, Alhamdulillah kita launching karya dari Pesantren Networkers IDN, yaitu buku OSPF dan EIGRP


Di bulan oktober ini, kita juga ada kegiatan training 60 Guru TKJ se-indonesia di Pesantren.


Awal bulan desember, alhamduillah semua temen2 Pesantren Networkers IDN diberi kesempatan untuk mengikuti Bootcamp CCIE & MTCINE di Bandung. Alhamdulillah disini saya mendapat sertifikasi MTCINE, Terimakasih Pak Dedi, Terimakasih IDN.


Untuk melihat dokumentasi kegiatan bootcamp, silahkan kunjungi halaman berikut Bootcamp CCIE & MTCINE 2016

Di ahir desember 2016, ahir tahun.. Alhamdulillah diberi kesempatan untuk berbagi. Kemarin baru saja berbagi di SMK Karya Guna Bhakti 2 Bekasi dan SMK PGRI Kasembon Malang.


Jika ingin melihat pengalaman saya berbagi silahkan kunjungi halaman berikut IDN Mengajar di SMK Karya Guna Bhakti 2 Bekasi, IDN Mengajar di SMK PGRI Kasembon Malang

Alhamdulillah juga kemarin ahir tahun diberi kesempatan untuk pulang ke Blitar, walaupun cuma 3 hari di Blitar, tapi sungguh luar biasa.. Seperti biasa, kalau pulang keblitar, pasti maen ke sekolah bareng temen2.. hehe


Mau pulang ke jakarta, dapat oleh-oleh dari Bambang.. hehe


Pas perjalanan pulang jakarta, lewat jogjakarta... kapan2 pengen lah mampir jogjakarta..


Oke itulah catatan ahir tahun 2016 ku.. Aku tunggu catatan ahir tahun 2016 dari kalian.. Semoga tahun 2017 bisa jauh lebih baik dari tahun 2016 ini.. Amin..

Like the Post? Do share with your Friends.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar

FeedBack

Jika Anda merasa terbantu dengan artikel dari Coretan Bocah IT, silahkan berlangganan GRATIS via email. Dengan begitu, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel baru yang terbit di Coretan Bocah IT

Masukkan Email :

IconIconIconFollow Me on Pinterest