Sabtu, 03 September 2016

Lab 17 - Tutorial Install GNS3 di Ubuntu


GNS3 merupakan sebuah aplikasi yang bisa kita manfaatkan untuk emulator jaringan komputer. Artinya kita bisa menjalankan beberapa perangkat jaringan dalam sebuah komputer (virtualisasi). Biasanya aplikasi ini digunakan untuk keperluan belajar networking.

Dalam hal ini, kita bisa menjalankan perangkat jaringan dari beberapa vendor, seperti cisco dan mikrotik, tentu saja dengan fitur yang sedikit terbatas. Namun untuk keperluan belajar, GNS3 merupakan aplikasi yang sangat powerfull.

Pada artikel ini, kita hanya akan belajar cara install GNS3 di ubuntu, kenapa tidak sekalian di windows?? karena proses installasi GNS3 di windows sangatlah mudah, kita hanya perlu klik next, next, dan next. Namun di linux, ada beberapa hal yang harus dilakukan (sedikit lebih ribet).

Sebelum ke proses install GNS3, ada hal yang harus disiapkan
  1. OS Ubuntu sudah terinstall dengan baik
  2. Koneksi internet yang lancar
  3. File installer GNS3, bisa didownload disini
Pertama kita konfigurasi repository agar mengarah ke repo lokal. Hal ini perlu kita lakukan karena biasanya jika menggunakan repository default ubuntu, ada paket paket yang tidak bisa di install
admin@ubuntu:~$ sudo nano /etc/apt/sources.list deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ xenial main restricted universe multiverse deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ xenial-updates main restricted universe multivers deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ xenial-security main restricted universe multivers deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ xenial-backports main restricted universe multivers deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ xenial-proposed main restricted universe multiverse admin@ubuntu:~$ sudo apt-get update
Install beberapa paket yang dibutuhkan untuk GNS3
Paket paket ini harus diinstall sebelum kita melakukan proses installasi GNS3
admin@ubuntu:~$ sudo apt-get install python3-zmq python3-tornado python3-netifaces python3-setuptools python3-pyqt4 python3-ws4py uuid-dev cmake libelf-dev libpcap-dev
Unzip file installer GNS3
admin@ubuntu:~$ unzip GNS3-1.3.7.source.zip
Install Dynamips
Dynamips merupakan aplikasi yang kita butuhkan untuk menjalankan IOS Cisco
admin@ubuntu:~$ unzip dynamips-0.2.14.zip admin@ubuntu:~$ cd dynamips-0.2.14/ admin@ubuntu:~/dynamips-0.2.14$ mkdir build admin@ubuntu:~/dynamips-0.2.14$ cd build admin@ubuntu:~/dynamips-0.2.14$ cmake .. admin@ubuntu:~/dynamips-0.2.14$ make admin@ubuntu:~/dynamips-0.2.14$ sudo make install admin@ubuntu:~/dynamips-0.2.14$ sudo setcap cap_net_admin,cap_net_raw=ep /usr/local/bin/dynamips admin@ubuntu:~/dynamips-0.2.14$ cd ../..
Install GNS3 Server
admin@islam:~$ unzip gns3-server-1.3.7.zip admin@islam:~$ cd gns3-server-1.3.7/ admin@islam:~/gns3-server-1.3.7$ sudo python3 setup.py install admin@islam:~/gns3-server-1.3.7$ cd ..
Install GNS3 GUI
admin@islam:~$ unzip gns3-gui-1.3.7.zip admin@islam:~$ cd gns3-gui-1.3.7/ admin@islam:~/gns3-gui-1.3.7$ sudo python3 setup.py instal admin@islam:~/gns3-gui-1.3.7$ cd ..
Install Paket yang dibutuhkan IOU
Sama saja dengan Dynamips, IOU juga digunakan untuk menjalankan cisco. Hanya saja IOU lebih ringan dan lebih lengkap fiturnya, karena IOU benar benar mendekati real device cisco.
admin@islam:~$ sudo apt-get install libssl1.0.0:i386 admin@islam:~$ sudo ln -s /lib/i386-linux-gnu/libcrypto.so.1.0.0 /lib/libcrypto.so.4 admin@islam:~$ sudo apt-get install bison admin@islam:~$ sudo apt-get install flex admin@islam:~$ sudo apt-get install git admin@islam:~$ git clone http://github.com/ndevilla/iniparser.git admin@islam:~$ cd iniparser/ admin@islam:~/iniparser$ make admin@islam:~/iniparser$ sudo cp libiniparser.* /usr/lib/ admin@islam:~/iniparser$ sudo cp src/iniparser.h /usr/local/include admin@islam:~/iniparser$ sudo cp src/dictionary.h /usr/local/include admin@islam:~/iniparser$ cd ..
Install IOU
admin@islam:~$ unzip iouyap-0.95.zip admin@islam:~$ cd iouyap-0.95 admin@islam:~/iouyap-0.95$ sudo make install admin@islam:~/iouyap-0.95$ sudo cp iouyap /usr/local/bin admin@islam:~/iouyap-0.95$ cd ..
Install VPCS
VPCS digunakan untuk menjalankan mini PC di GNS3. Biasanya kita menggunakan VPCS pada end device untuk pengujian. Ada beberapa fitur yang disediakan VPCS seperti ping, traceroute, dll.
admin@islam:~$ unzip vpcs-0.6.zip admin@islam:~$ cd vpcs-0.6/src admin@islam:~/vpcs-0.6/src$ ./mk.sh admin@islam:~/vpcs-0.6/src$ sudo cp vpcs /usr/local/bin/ admin@islam:~/vpcs-0.6/src$ cd ../..
Install Wireshark
Wireshark merupakan aplikasi yang dapat kita gunakan untuk mengcapture packet. Kedepannya kita akan sangat sering belajar menggunakan aplikasi ini. Karena aplikasi ini sangat bermanfaat bagi kita untuk memahami bagaimana packet dalam jaringan berjalan.
admin@islam:~$ sudo apt-get install wireshark
Install Qemu
Qemu merupakan aplikasi virtualisasi layaknya virtualbox ataupun vmware. Biasanya qemu digunakan untuk menjalankan mikrotik di GNS3
admin@islam:~$ sudo apt-get install qemu
Install Virtualbox
Selain menggunakan qemu, kita juga bisa menggunakan virtualbox untuk aplikasi virtualisasi yang bisa diintegrasikan dengan GNS3. Kedepannya akan kita pelajari kapan saatnya kita menggunakan Qemu dan kapan saatnya kita menggunakan virtualbox
admin@islam:~$ sudo apt-get install virtualbox
Menjalankan GNS3
admin@islam:~$ gns3
Berikut tampilan halaman depan GNS3

Like the Post? Do share with your Friends.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar

FeedBack

Jika Anda merasa terbantu dengan artikel dari Coretan Bocah IT, silahkan berlangganan GRATIS via email. Dengan begitu, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel baru yang terbit di Coretan Bocah IT

Masukkan Email :

IconIconIconFollow Me on Pinterest