Senin, 13 Oktober 2014

Cara Convert Harddisk GPT menjadi MBR

Assalamu'alaikum........
Kali ini saya akan sedikit sharing ilmu mengenai cara conver partisi harddisk berbentu GPT Disk menjadi MBR Disk...

Tidak perlu terlalu panjang,, saya hanya akan langsung menuju permasalahan dan pemecahannya,, saya tidak akan membahas apa it GPT Disk ataupun MBR Disk,,, Permasalahan yang saya alami adalah gagal terus saat install windows 7, dan yang paling parah adalah saat saya mau install dual boot antara windows 7 dan ubuntu yang terjadi adalah partisi hanya terdeteksi sebagai free space saat partisi ubuntu,, tentunya akan sangat membuat pusing,, namun insyaallah cara berikut dapat kita terapkan untuk memecahkan masalah ini,,
Perlu diperhatikan bahwa cara ini akan menghapus semua file yang ada di harddisk anda,, sebaiknya anda harus melakukan backup data anda terlebih dahulu,,,
Sebenarnya ada beberapa cara, namun saya hanya akan membahas satu cara saja, pertama silahkan boot dari bootable ubuntu, pilih try ubuntu, kemudian buka terminal dan ketikkan perintah berikut
parted /dev/sda (tekan enter)
parted> mklabel msdos (tekan enter)
parted> quit (tekan enter)
//ganti /dev/sda dengan lokasi partisi yang ingin anda convert
//terahir restart komputer anda 

Sekian dari saya pada hari ini,, saya harap ada yang bersedia membenarkan jika ada kesalahan,,

source:http://muflihmamun.com/cara-ubah-hardisk-gpt-disk-menjadi-mbr-disk/

Like the Post? Do share with your Friends.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar

FeedBack

Jika Anda merasa terbantu dengan artikel dari Coretan Bocah IT, silahkan berlangganan GRATIS via email. Dengan begitu, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel baru yang terbit di Coretan Bocah IT

Masukkan Email :

IconIconIconFollow Me on Pinterest