Sabtu, 20 September 2014

Penggunaan Editor Nano Pada Linux


Assalamu'alaikum..........
Hari ini saya akan coba posting tuturial penggunaan editor nano atau pico

Menciptakan dan Mengedit sebuah File
# nano filename
            Nano merupakan sebuah editor modeless, jadi anda dapat langsung mengetik untuk memasukkan teks. Jika anda mengedit sebuah file konfigurasi seperti /etc/network/interfaces, gunakan perintah # nano /etc/network/interfaces 



Simpan dan Keluar
            Jika anda ingin menyimpan perubahan yang telah anda buat, tekan Ctrl+O. Untuk keluar dari nano, tekan Ctrl+X. Jika anda ingin keluar dari nano setelah melakukan perubahan, anda akan ditanyakan apakah ingin menyimpan perubahan tersebut atau tidak. Tekan N jika anda tidak ingin, atau Y jika anda ingin menyimpannya. Anda kemudian akan ditanyakan tentang nama file. Ketik nama file lalu tekan Enter.
            Jika anda dengan tidak sengaja memberikan perintah untuk menyimpan perubahan, anda dapat membatalkannya dengan menekan Ctrl+C ketika anda ditanyakan tentang nama file. 
Cut dan Paste
            Untuk meng-cut sebuah baris, gunakan Ctrl+K (tahan tombol Ctrl lalu tekan K). Baris tersebut akan hilang. Untuk mem-paste-nya, pindahkan kursor pada baris yang anda inginkan lalu tekan Ctrl+U.
            Jika anda memerlukan kendali lebih, berarti anda harus menandakan teks tersebut. Pindahkan kursor ke awal teks yang ingin anda cut. Tekan Ctrl+6 (atau Alt+A). Sekarang pindahkan kursor anda sampai ke akhir teks yang ingin anda cut: teks yang telah ditandai akan disorot. Jika anda ingin membatalkan penandaan teks, tekan kembali Ctrl+6. Tekan Ctrl+K untuk meng-cut teks yang telah ditandai, Ctrl+U untuk mem-paste. 


Mencari Teks
            Mencari sebuah string sangatlah mudah selama anda berpikir "WhereIs", bukannya "Search". Tekan Ctrl+W, ketikkan string yang ingin anda cari, lalu tekan Enter. Untuk mencari kembali string yang sama, tekan Alt+W.
Catatan: Pada teks bantuan nano, tombol Ctrl dilambangkan dengan sebuah tanda sisipan (^), jadi Ctrl+W dituliskan sebagai ^W, dsb. tombol Alt dilambangkan dengan sebuah M (dari "Meta"), jadi Alt+W dituliskan sebagai M-W.
source:http://ahmadwahyudy.blogspot.com/2012/10/macam-macam-teks-editor-pada-linux.html


Like the Post? Do share with your Friends.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar

FeedBack

Jika Anda merasa terbantu dengan artikel dari Coretan Bocah IT, silahkan berlangganan GRATIS via email. Dengan begitu, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel baru yang terbit di Coretan Bocah IT

Masukkan Email :

IconIconIconFollow Me on Pinterest